Selasa, 26 April 2016

Manfaat Daun Dadap Serep Bagi Kesehatan Tubuh


Daun dadap serep atau dimaksud dengan juga Erythine Litosperma Miq adalah satu diantara jenis tumbuhan herbal yang berbentuk pohon 
daun dadapDaun dadap serep atau dimaksud dengan juga Erythine Litosperma Miq adalah satu diantara jenis tumbuhan herbal yang berbentuk pohon. Daunnya berupa seperti hati, memiliki warna hijau muda serta bergaris atau bertulang daun di dalam serta tepi. Batang pohon dadap serep ada yang halus serta ada yang berduri. Tiga helai daun menyatu dalam satu tangkai serta berupa iris ketupat. 

Manfaat daun dadap serep untuk kesehatan badan tidak bisa dilihat mata sebelah atau bahkan juga disepelekan. Manfaat daun dadap serep tak kalah ampuhnya dengan kulit manggis serta buah mengkudu yang sampai kini telah banyak kita kenal juga sebagai tanaman herbal yang paling banyak dipakai oleh orang-orang untuk menangani beragam jenis penyakit. Kandungan kimia dalam daun dadap serep yaitu aritramina, alkaloid, eritrina, eritradin, hipaforina serta erisofina. 

Di bawah ini yaitu manfaat daun dadap serep untuk kesehatan badan. 

1. Memperlancar ASI 
Daun dadap serep yang masih tetap muda bisa digunakan juga sebagai sayuran yang bermanfaat untuk memperlancar ASI, membuat tidur jadi lebih pulas apabila di proses berbarengan dengan bunganya jadi bisa berguna untuk memperlancar haid. 

2. Demam 
Daun dadap serep bisa dipakai juga sebagai obat untuk turunkan panas lewat cara mengompreskan daun dadap serep yang sudah dipipis halus. 

3. Menyembuhkan disentri serta cacingan 
Sari dari daun dadap serep yang digabungkan dengan madu bisa dipakai juga sebagai ramuan alami untuk menyembuhkan cacingan. Sedang sari dari daun dadap serep yang digabungkan dengan minyak jarak (kasteroli) bisa dipakai untuk menangani permasalahan disentri. 

4. Memudahkan rematik 
Daun dadap serep bisa berguna juga sebagai tapal untuk memudahkan rematik stelah daun dipanaskan. Pepagan atau kulit batang dadap serep bermanfaat juga sebagai pencahar, ingincer dahak serta peluruh kencing. 

5. Sakit perut 
Gunakan daun dadap serep juga sebagai tapel untuk menangani perut mulas. Caranya dengan menumbuk daun dadap serep yang masih tetap fresh digabung dengan daun cocor bebek seperlunya serta tambahkan dengan sedikit air. Oleskan ramuan tradisional itu di bagian perut dengan cara berulang tiap-tiap 3 jam sekali. 

6. Melindungi kesehatan pasca persalinan 
Daun dadap serep dapat dipakai untuk melindungi kesehatan ibu sesudah melakukan persalinan. Gunakan daun serep juga sebagai bobok serta oleskan di bagian perut lalu gunakanlah gurita. 

Mudah-mudahan info tentang manfaat daun dadap serep untuk kesehatan badan itu bisa berguna untuk beberapa pembaca. Salam sehat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar